Minggu, 29 Maret 2009

ThinkQuest pembelajaran Abad ke 21

THINKQUEST KEAHLIAN ABAD

KE 21

Oracle Education Foundation adalah salah satu Yayasan Pendidikan

The Oracle Education Foundation adalah organisasi nonprofit yang didanai oleh Oracle.Missi adalah untuk membantu siswa,guru dan semua orang yang bekerja di bidang pendidikan dari semua latar belakang yang berbeda untuk mengembangkan keahlian yang dibutuhkan demi kesuksesan di abad 21. Yayasan tersebut sebagai layanan gratis kepada dinas pendidikan secara global yang menjangkau lebih kurang 375 000 siswa setahun.

ThinkQuest adalah sarana pembelajaran online yang aman yang dapat membantu guru untuk menggabungkan proyek pembelajaran kedalam kurikulum dalam kelas dan para siswa mengembangkan keahlian abad ke 21 .Para guru dan siswa secara umum dapat menggunakan sarana media online thinkquest untuk sarana informasi dan saling komunikasi,serta media pembelajaran online atau bahan ajar berbasis ICT dilingkungan sekolah seluruh Indonesia dari tingkatan SD,SMP dan SMA/SMK, bahkan antar Negara yang sudah bergabung didalam thinkquest seperti Singapore, Malaysia, Australia,Amerika,India,Thailand dll.

1. Manfaat Think Quest sebagai Media pembelajaran E-learning.

- ThinkQuest membantu guru dalam kegiatan proses belajar mengajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas ( pengawasan guru dalam 24 jam )

- Didalam kelas, guru dan siswa bisa berinteraksi secara langsung dalam menyelesaikan problem solving: contoh soal-soal matematika.

- menggunakan thinkquest sebagai media instruksi kegiatan belajar mengajar

- Diluar kelas, siswa dapat mengerjakan PR atau bilamana guru berhalangan hadir karena tugas/sakit/ dll, maka dari guru bisa menggunakan thinkquest sebagai media instruksi kegiatan belajar mengajar.

- Alat media informasi dan komunikasi antara guru dan siswa secara pribadi yang mengalami kesulitan belajar mis : Siswa tersebut belum tuntas dengan nilai SAS, sehingga siswa harus mengerjakan sendiri.Dan juga digunakan oleh guru untuk berinteraksi dengan orangtua/ wali.

- Jaringan kolaborasi belajar dan mengajar antar siswa dengan siwa, guru dengan guru, sekolah dengan sekolah di seluruh dunia.

- Library yang ada dalam thinkquest merupakan hasil dari kreatifitas siswa di seluruh dunia dalam bentuk website dan narratif, dapat membantu guru dan siswa menggali informasi dan menambah wawasan pengetahuan.

- Lomba, yang diadakan setiap tahun memotivasi siswa dan guru untuk mendapatkan hadiah grant untuk sekolah yang bersangkutan,dan untuk para juara masing-masing anggota team mendapatkan laptop, dan trip perjalanan ke San Fransisco.

2. Sosialisasi ThinkQuest /Pembudayaan ThinkQuest

Tujuan : Membudayakan cara belajar sesuai dengan pembelajaran secara online atau internet

Pertimbangan : Masih banyak kalangan pelajar menggunakan internet hanya sebagai media hiburan,media mencari teman,media mencari informasi,dll. Namun masih belum maksimal menggunakan internet sebagai media pembelajaran secara online atau e-learning

3. Project down load ata upload, Dalam proyek ini apapun media program applikasi dapat dilakukan proses down load atau upload contoh Ms.Office, program aplikasi multimedia dll.Contoh guru matematika dapat membuat naskah soal dalam dokumen mircrosoft word, guru geografi dapat menampilkan file video peta dunia dalam program google earth,guru sejarah dapat menampilkan file video sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa perang kemerdekaan, guru kimia dapat menampilkan file video cara praktek yang benar dalam larutan kimia, guru TIK dapat membuat tugas praktek Ms.Word, Ms.Excel,menampilkan file video ,cara merakit computer,cara install program Microsoft windows. Guru Bahasa Asing dapat menampilkan file video pembelajaran bahasa Asing .

4. Penggunaan ThinkQuest ;

Dari tingkat SD,SMP,SMA/SMK

- untuk siswa sekolah dasar minimal diperkenalkan thinkquest usia minimal 9 tahun ; siswa diharapkan dapat menulis,membaca dan berkomunikasi dengan orang lain melalui thinkquest.Bisa digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler

- untuk siswa SMP : siswa diharapkan dapat menulis, membaca, menggambar serta berkomunikasi dengan orang lain melalui thinkquest.Guru bidang studi sudah bisa menggunakannya.

- untuk siswa SMA / SMK : siswa diharapkan dapat menggunakan seluruh aplikasi dan projek yang ada didalam thinkquest.Semua bidang studi pembelajaran bisa menggunakan thinkquest.

5. Faktor Kendala

- untuk siswa sekolah dasar; banyak siswa masih belum bisa menggunakan komputer dan serta tidak memadainya komputer di sekolah.Guru / admin thinkquest perlu ekstra- aktif dalam membantu siswa.

- untuk siswa SMP; tidak memadainya komputer di sekolah dan guru – guru belum semua menggunakan IT.

- untuk siswa SMA / SMK ; belum semua guru-guru mengetahui apa dan bagaimana pemanfaatan thinkquest sebagai media pembelajaran online atau e-learning

- Secara umum belum banyak sekolah dari SD sampai SLTA yang terhubung dengan internet.

6. Menu Pilihan

7. Download E-learning

8. Evaluasi

Soal Evaluasi dapat juga dibuat proyek downloadnya pada thinkquest sehingga siswa dapat mengukur kemampuan belajarnya

9. Pembudayaan ThinkQuest di sekolah.

Kepala Sekolah mendukung dan memahami serta dapat menggunakan ThinkQuest program,dan diharapkan kepala sekolah memberikan surat tugas kepada guru-guru dilingkungan sekolah untuk :

- pelatihan thinkquest di sekolah masing-masing ( rayon / sanggar )

- menugaskan guru membuat projek yang siswa kerjakan dalam media pembelajaran thinkquest e-learning. alamat http://www.thinkquest.org/